Friday, November 28, 2014

Asal Mula Kata Bakso

 Bakso adalah makanan yang banyak dijual di seluruh pelosok Indonesia. Mulai dari warung tenda pinggir jalan hingga restoran. Bentuk dan rasanya pun beraneka ragam untuk memenuhi selera konsumen. Makanan ini lebih nikmat disantap dalam keadaan panas saat cuaca sedang dingin.
Meskipun banyak orang Indonesia yang menyukai bakso, ternyata panganan ini berasal dari cina. Kuliner yang lezat ini adalah hasil seni kuliner tionghoa pada abag ke 17. Kata bakso pun ternyata merupakan dua suka kata yang terpisah. Dalam bahasa hokian, bak artinya babi sedangkan so artinya makanan. Jadi, arti kata bakso adalah olahan makanan dari daging babi.
Ada sebuah cerita tentang asal mula bakso ini. Pada zaman dahulu, ada seorang anak yang prihatin ibunya tidak dapat makan daging. Sang anak mencoba mencari cara agar ibunya tersebut bisa makan daging tanpa kerepotan. Akhirnya sang anak mendapat ide untuk menggiling daging dan membentuknya bulat-bulat. Ternyata siasat ini berhasil. Karena kemudahan dalam memakan, bakso dengan cepat digemari orang dan menjadi popular.
Pada awalnya, bakso memang menggunakan bahan dasar daging babi. Tapi karena penduduk di Indonesia mayoritas beragama islam, daging bagi kemudian diganti dengan daging sapi, ayam, atau ikan. Selain kata bakso, kita juga sering menjumpai orang yang berjualan olahan mirip bakso tapi dengan nama bakwan. Ternyata, di Surabaya, olahan daging berbentuk bundar ini disebut bakwan. Bak artinya daging, sedangkan wan artinya bundar, jadi bakwan artinya daging bundar.
Sumber: tahunggasih.blogspot.com
Produk Kami “Bakso Mitfood
Jual Bakso Sapi
jual bakso sapi
 
Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
 
Link Terkait:

tag:

No comments:

Post a Comment